<p style=”line-height:150%”>I.LATAR BELAKANG

National Food Technology Competition (NFTC) 2019 merupakan kegiatan seminar, kompetisi poster, dan karya tulis ilmiah berskala nasional. Acara ini merupakan sarana untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa di bidang teknologi pangan terkait dengan masalah yang diangkat pada seminar, kompetisi poster, dan kompetisi karya tulis ilmiah. Seminar nasional akan melibatkan dua narasumber dari kalangan praktisi dan akademisi pangan. Kegiatan seminar akan dibuka untuk umum, sedangkan kompetisi poster dan karya tulis ilmiah akan diikuti oleh mahasiswa bidang teknologi pangan, maupun bidang-bidang lain yang yang serumpun dengan teknologi pangan. Kompetisi tersebut bertujuan agar mahasiswa dapat menuangkan ide, gagasan, dan pendapat mengenai tema yang diangkat melalui sarana poster dan karya tulis ilmiah.

NFTC 2019 mengangkat tema Pengembangan Produk Pangan Fungsional Berbasis Bahan Pangan Lokal”. Negara Indonesia memiliki beraneka ragam komoditas pangan, seperti serealia, kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Keterbatasan pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai pemanfaatan bahan pangan lokal dan pesatnya perkembangan teknologi pada dewasa ini menyebabkan berkurangnya pemanfaatan bahan pangan lokal sebagai sumber pangan. Kemajuan teknologi juga mempengaruhi gaya hidup masyarakat Indonesia, dimana masyarakat mulai beralih pada konsep makanan siap saji, pengolahan makanan dengan menggunakan bahan tambahan pangan, serta mengandung kadar lemak dan gula yang berlebihan. Tingkat konsumsi yang berlebihan menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan, seperti penyakit malnutrisi, hipertensi, diabetes, dan lain – lain. Salah satu cara yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan mengoptimalkan pemanfaatan bahan pangan lokal untuk menghasilkan produk pangan berbasis pangan fungsional. Dengan ini, akan diperoleh produk pangan yang fungsional, yaitu produk pangan yang mempunyai fungsi untuk memberikan manfaat kesehatan di luar kandungan zat gizi yang ada.

II.TUJUAN

Mampu menyampaikan ide, gagasan, dan pendapat mahasiswa antar universitas mengenai perkembangan ilmu dan teknologi pangan.

 III.WAKTU DAN TEMPAT

FINAL KOMPETISI POSTER

Hari/tanggal          : Jumat/17 Mei 2019

Waktu                    : Pk. 09.00-16.30 WIB

Tempat                  : Plaza, Gedung St. Agustinus Lt. 1

                                Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

                                Jl. Dinoyo 42-44

                                Surabaya

SEMINAR DAN FINAL KOMPETISI KARYA TULIS ILMIAH

Hari/tanggal            : Sabtu/18 Mei 2019

Waktu                     : Pk. 08.00-17.00 WIB

Tempat                   : Auditorium Benedictus, Gedung St. Benedictus Lt. 4

                                 Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

                                 Jl. Dinoyo 42-44

                                 Surabaya

IV.PESERTA

A.SESI KOMPETISI POSTER

-. Mahasiswa aktif *) dan **)

B.SESI SEMINAR

-. Umum

C.SESI KOMPETISI KARYA TULIS ILMIAH

-. Mahasiswa aktif *) dan **)

*) Masih berstatus sebagai mahasiswa pada saat final NFTC 2019 dengan menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang masih berlaku.

**) Mahasiswa S-1 bidang Teknologi Pangan, maupun bidang lain yang serumpun dengan teknologi pangan.

V.SYARAT PENDAFTARAN

  1. Pendaftaran seminar, kompetisi poster, dan kompetisi karya tulis ilmiah tanggal 4 Februari 2019 hingga 4 Maret 2019. Formulir pendaftaran dapat diunduh melalui websitewima.ac.id
  2. Formulir pendaftaran diisi sesuai dengan keterangan yang tertera dan mengirim formulir tersebut melalui email ke pangancrew_wm@yahoo.com
  3. Bagi yang sudah mengirimkan email, harap mengkonfirmasi kepada contact person.
  4. Peserta kompetisi dapat perorangan atau berkelompok (jumlah anggota maksimal tiga orang) dan harus berasal dari perguruan tinggi yang sama

VI.KETENTUAN KOMPETISI

  1. Poster harus sesuai dengan tema NFTC 2019 dan belum dipublikasikan.
  2. Poster ilmiah wajib memiliki beberapa elemen seperti yang telah ditentukan dalam pedoman pada poin E2.
  3. Peserta dapat menambahkan elemen lain selain elemen yang telah ditentukan.
  4. Setiap finalis kompetisi poster diharapkan membawa sampel produk yang telah dipaparkan dalam poster. Produk dapat dibawa dalam jumlah tertentu sehingga dapat dijadikan sebagai sampel untuk menunjang penjelasan dari poster.
  5. Karya tulis hasil penelitian atau non penelitian yang dikirimkan merupakan hasil pemikiran sendiri, orisinil, dan belum pernah dilombakan atau dipublikasikan sebelumnya.
  6. Karya tulis harus sesuai dengan tema yang ditentukan. Setiap karya tulis yang diajukan mendapat bimbingan dari seorang dosen pembimbing dari perguruan tinggi yang sama.
  7. Khusus karya tulis non penelitian, yang dikirimkan harus berupa review dengan pustaka minimal 25 jurnal terakreditasi baik nasional maupun internasional.
  8. Setiap peserta hanya diperkenankan mengirimkan satu karya tulis ilmiah
  9. Setiap poster dan karya tulis diterima panitia paling lambat tanggal 26 Maret 2019 dalam dua bentuk, yaitu:

A. Poster

-. Softcopy; berukuran A0 (841x 1189mm) dalam format CMYK dengan resolusi gambar 300 pixels / inch*)

B. Karya tulis ilmiah

-. softcopy; sebanyak satu file dalam bentuk PDF *)

-. hardcopy; sebanyak lima eksemplar**)

*)  pengiriman melalui email ke pangancrew_wm@yahoo.com

**) ditujukan kepada:

Senat Ormawa FTP, Gedung B Lt. 1, Jl. Dinoyo 42-44 Surabaya 60265, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

  1. Setelah batas akhir pengumpulan, peserta tidak diperkenankan melakukan revisi terhadap karya tulis yang telah dikirimkan.
  2. Peserta harap memperkirakan lamanya waktu pengiriman. Resiko keterlambatan pengumpulan softcopy dan hardcopy karya tulis ditanggung oleh peserta kompetisi karya tulis.
  3. Karya tulis ilmiah dan poster akan diseleksi pada tahap penjurian awal untuk menentukan enam finalis karya tulis ilmiah dan sepuluh finalis poster. Nama-nama finalis akan diumumkan melalui email atau sms kepada masing-masing ketua kelompok atau dapat dilihat pada website pada tanggal 26 April 2019.
  4. Finalis kompetisi poster wajib mempresentasikan poster dan melakukan tanya jawab dengan tim juri dan penonton pada 17 Mei 2019 di Plaza St. Agustinus Lt. 1 UKWMS Surabaya dan finalis kompetisi karya tulis ilmiah wajib mempresentasikan karya tulisnya di hadapan dewan juri dan peserta seminar pada 18 Mei 2019 di Auditorium St. Benedictus 4 UKWMS (akan ada informasi lebih lanjut) (akan ada informasi lebih lanjut mengenai detail pelaksanaan kegiatan final dari pihak panitia).
  5. Finalis yang akan membawa sampel produk untuk menunjang presentasi, wajib memberikan informasi kepada pihak panitia paling lambat tanggal 3 Mei 2019.
  6. Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  7. Segala urusan pembiayaan yang diperlukan untuk keperluan pembuatan poster dan karya tulis bukan menjadi tanggung jawab panitia.

VII.SISTEM KOMPETISI

1.POSTER

Sepuluh poster terbaik akan ditampilkan secara terbuka di hadapan dewan juri dan penonton pada acara NFTC 2019. Juara I, II, dan III berdasarkan penilaian juri serta juara favorit berdasarkan hasil voting penonton akan dipilih dari  sepuluh  poster tersebut.

 2.KARYA TULIS ILMIAH

Enam makalah terbaik akan dipresentasikan secara terbuka di hadapan dewan juri pada acara final NFTC 2019. Juara I, II, dan III dipilih dari enam makalah tersebut berdasarkan penilaian juri.

 VIII.HADIAH

1.POSTER

Juara I                         : Rp 2.000.000,- + Piala + Sertifikat

Juara II                        : Rp 1.700.000,- + Piala + Sertifikat

Juara III                       : Rp 1.400.000,- + Piala + Sertifikat

Juara favorit                : Rp 500.000,- + Sertifikat

2.KARYA TULIS ILMIAH

Juara I                         : Rp 2.000.000,- + Piala + Sertifikat

Juara II                        : Rp 1.700.000,- + Piala + Sertifikat

Juara III                      : Rp 1.400.000,- + Piala + Sertifikat</p>